Articles

Analisis Kinerja RSUD Karangasem Berbasis Balanced Scorecard

Putu Yulianti , I Nyoman Sutarsa, I Putu Ganda Wijaya

Putu Yulianti
Universitas Udayana. Email: putuyulianti27@yahoo.co.id

I Nyoman Sutarsa
Universitas Udayana

I Putu Ganda Wijaya
Universitas Udayana
Online First: December 01, 2016 | Cite this Article
Yulianti, P., Sutarsa, I., Wijaya, I. 2016. Analisis Kinerja RSUD Karangasem Berbasis Balanced Scorecard. Public Health and Preventive Medicine Archive 4(2): 165-171. DOI:10.15562/phpma.v4i2.76


Latar belakang dan tujuan: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karangasem telah mengadopsi metode balanced scorecard dalam penyusunan rencana strategisnya. Selama ini evaluasi kinerja yang dilakukan setiap tahun hanya pada perspektif keuangan dan belum pernah dilakukan evaluasi terhadap tiga perspektif lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja RSUD Karangasem dari empat perspektif tersebut.

Metode: Rancangan penelitian adalah survei cross-sectional pada 110 pasien rawat inap dan 95 karyawan yang dipilih secara convenience. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Data dianalisis diagram kartesius untuk mengetahui sub item kepuasan pasien dan karyawan yang perlu diprioritaskan. Analisis data sekunder dilakukan untuk mengetahui kecenderungan empat perspektif tersebut.

Hasil: Kinerja rumah sakit dalam empat perspektif secara keseluruhan termasuk kategori cukup dengan skor 44,7%. Bila dilihat untuk masing-masing perspektif dijumpai bahwa  perspektif keuangan, pelanggan, dan proses bisnis internal termasuk dalam kategori cukup yaitu masing-masing dengan skor: 16,65%, 12,5% dan 15,62%. Sedangkan perspektif pertumbuhan/pembelajaran termasuk kategori tidak baik (0).  Analisis diagram kartesius menunjukkan dua  sub-item yang perlu diperbaiki pada kepuasan pasien yaitu: prosedur dan kecepatan pelayanan, sedangkan pada kepuasan karyawan terdapat lima sub item yang perlu perbaikan yaitu: respon cepat, dukungan manajemen, perhatian dan kerapian tempat kerja.

Simpulan: Kinerja RSUD Karangasem berbasis balanced scorecard berada pada kategori cukup dan kepuasan pasien/karyawan masih perlu diperbaiki pada sub item tertentu

References

Kaplan. Robert S dan David Norton. Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga; 2000.

Mattson, B. Executive Learn How to Keep Store: Balance Scorecard gets all employees focusing on vision; 1999.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Dareah. Jakarta

Pramadhany, Wahyu Eko.Y. Penerapan Balance Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja pada Organisasi Nirlaba (Studi Kasus pada RS Bhayangkara, Semarang). Semarang: Publikasi Ilmiah. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro; 2010.

Utama,A.N, dkk. Analisis Kinerja Rumah Sakit dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi kasus pada RSUD Prof.Dr Soekandar, Mojosari).. Malang: Publikasi Ilmiah Universitas Brawijaya; 2012.

Trihastuti, K. Analisis kinerja perusahaan dengan metode Balanced Scorecard.(Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo, Semarang). Semarang: Publikasi ilmiah, Universitas Negeri Semarang; 2011.

Prihananto, A.D. Penerapan Balance Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja pada Badan Usaha Berbentuk Rumah Sakit (Studi Kasus pada RS Kristen Tayu Pati). Publikasi Ilmiah. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Soegijapranata; 2006.

Mardiasmo. Perpajakan. Yogyakarta: Penerbit Andi; 2000: 18-24.

Pemerintah Kabupaten Karangasem, RSUD Kabupaten Karangasem. 2010. Rencana Strategis RSUD Karangasem Tahun 2010-2014. Karangasem.

Munawaroh, S. Analisis Hubungan Karakteristik dan Kepuasan Pasien dengan Loyalitas Pasien di RSUA Dr. Sutomo, Ponorogo. Ponorogo: Publikasi Ilmiah Fakultas Kesehatan Universitas Muhamadiyah; 2011.

Orroh, dkk. Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan. Manado: Publikasi Ilmiah Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi; 2014.

Hidayati, A.N. Analisis Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat; 2011; 2(1).

Azwar, A. Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Yayasan Penerbit; 1994.

Budiarti, I. Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Dan Alat Pengendali Sistem Manajemen Strategis. Majalah Ilmiah Unikom; 2006; 6.

Fatmanely, dkk. Analisis Kinerja RSUD Adnan WD tahun 2010 dengan metode Balanced Scorecard. Padang: Publikasi Ilmiah. Universitas Andalas; 2011.

Singarimbun, B.J. Analisa Kepuasan Kerja Karyawan Berdasarkan Perbedaan Karakteristik Jenis Kelamin. Jurnal Murni Sadar; 2009 1(2).

Gunawan, A.H. Menentukan kualitas pelayanan karyawan terhadap pelanggan internal dan variable pendukungnya Jakarta; 2005.

Mangkunegara, A.P. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2001.


No Supplementary Material available for this article.
Article Views      : 535
PDF Downloads : 170