Articles

Hubungan Penerapan Manajemen Puskesmas dan Komitmen Kerja dengan Mutu Pelayanan Pengobatan di Puskesmas Kabupaten Karangasem, Bali

Komang Artini , I Ketut Suarjana, I Putu Ganda Wijaya

Komang Artini
Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem. Email: kmgartini@gmail.com

I Ketut Suarjana
Universitas Udayana

I Putu Ganda Wijaya
Rumah Sakit Umum Daerah Bangli
Online First: July 01, 2016 | Cite this Article
Artini, K., Suarjana, I., Wijaya, I. 2016. Hubungan Penerapan Manajemen Puskesmas dan Komitmen Kerja dengan Mutu Pelayanan Pengobatan di Puskesmas Kabupaten Karangasem, Bali. Public Health and Preventive Medicine Archive 4(1): 35-41. DOI:10.15562/phpma.v4i1.53


Latar belakang dan tujuan: Mutu pelayanan di puskesmas sering menjadi keluhan masyarakat di Kabupaten Karangasem. Temuan awal menunjukkan ada masalah dalam manajemen puskesmas dan kurangnya komitmen petugas puskesmas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan pengobatan dengan penerapan manajemen puskesmas dan komitmen kerja petugas.

Metode: Survei cross sectional dilakukan pada 61 orang dokter dan perawat yang bertugas di 12 poliklinik umum dan dipilih secara purposive. Data dikumpulkan pada Bulan Februari sampai Maret 2015 dengan wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data secara multivariat dilakukan dengan mempergunakan regresi logistik untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan pengobatan dengan penerapan manajemen puskesmas dan komitmen kerja petugas.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan pengobatan, penerapan manajemen dan komitmen kerja masih kurang. Analisis multivariat menunjukkan bahwa mutu pelayanan pengobatan berhubungan dengan komitmen kerja petugas dengan adjusted OR=11,3 (95%CI: 1,75-73,06), namun tidak berhubungan dengan penerapan manajemen puskesmas dengan adjusted OR=0,9 (95%CI: 0,18-5,24).

Simpulan: Mutu pelayanan pengobatan dijumpai berhubungan dengan komitmen kerja petugas tetapi tidak berhubungan dengan penerapan manajemen puskesmas.

References

Muninjaya, AAG. Manajemen Kesehatan Edisi 2.Jakarta: EGC; 2004.

Subekti D. Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Balai Pengobatan (BP) Umum Puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2009 (tesis). Semarang: Universitas Diponegoro; 2009.

Zuhrawardi. Analisis Pelaksanaan Rujukan Peserta PT. Askes di Puskesmas Mibo, Puskesmas Batoh, dan Puskesmas Baiturahman di Kota Banda Aceh Tahun 2007 (tesis). Medan: Universitas Sumatera Utara; 2007.

Dinkes Kabupaten Karangasem. Profil Kesehatan Kabupaten Karangasem. Karangasem: Dinkes Kabupaten Karangasem; 2013.

Kemenkes RI. Pedoman Pelaksanaan Manajemen Puskesmas. Jakarta: 2012.

Darwin H. Analisis Fungsi Manajemen Puskesmas yang Berhubungan dengan Pencapaian Program Penanggulangan Demam Berdarah Dengue (P2DBD) di Kota Palembang Tahun 2000 (tesis). Jakarta: Program Pascasarjana UI; 2000.

Ningrum SF. Analisis Hubungan Fungsi Manajemen Oleh Tenaga Pelaksana Gizi dengan Tingkat Keberhasilan Program Pemberian Makanan Tambahan pada Balita Gizi Buruk di Puskesmas Kabupaten Tegal Tahun 2006, (tesis) Universitas Diponegoro; 2006.

Puspitawati. Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional: Pengaruhnya terhadap Kualitas Layanan Hotel Bali Hyatt Sanur (tesis). Denpasar: Universitas Udayana; 2013.

Naya A. Hubungan Komitmen, Kerjasama dan Pengembangan Karier dengan Mutu Pelayanan pada Petugas Paramedis Unit Rawat Jalan di Puskesmas Mengwi I Kabupaten Badung (tesis). Denpasar: Universitas Udayana; 2013.

Malhotra N. dan Mukherjee A. The Relative Influence Of Organizational Commitment And Job Satisfaction on Service Quality Of Customer Contact Employees in Bankin Call Centres, Journal of Service Marketing. 2004.

Sopiah. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Andi; 2008.

Muchtar H. Analisis Komitmen (Affective, Continuance dan Normative) Terhadap Kualitas Pelayanan Pengesahan STNK Kendaraan Bermotor (Studi Empiris pada Kantor Bersama Samsat di Propinsi Kalimantan Timur), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 2010.

Raymond H. Analisis Pengaruh Dukungan Organisasi Terhadap Komitmen Karyawan pada PT Freeport Indonesia; 2008.

Wijaya G. Penerapan Manajemen Kinerja Klinik Berbasis Tri Hita Karana pada Kepuasan Kerja, Komitmen Kerja dan Locus of Control terhadap Peningkatan Kinerja Perawat dan Bidan di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Bangli (desertasi). Denpasar: Universitas Udayana; 2012.

Karsh B, et al. Job and Organizational Determinants of Nursing Home Employee Commitment, Job Satisfaction and Intent to Turnover, http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16253944, 2005.


No Supplementary Material available for this article.
Article Views      : 432
PDF Downloads : 163