Articles

Akses Pelayanan Kesehatan Berhubungan dengan Pemanfaatan Fasilitas Persalinan yang Memadai di Puskesmas Kawangu, Kabupaten Sumba Timur

Nara Adriana , Luh Putu Lila Wulandari, Dyah Pradnyaparamita Duarsa

Nara Adriana
Udayana University. Email: adriananara@ymail.com

Luh Putu Lila Wulandari
Udayana University

Dyah Pradnyaparamita Duarsa
Udayana University
Online First: December 01, 2014 | Cite this Article
Adriana, N., Wulandari, L., Duarsa, D. 2014. Akses Pelayanan Kesehatan Berhubungan dengan Pemanfaatan Fasilitas Persalinan yang Memadai di Puskesmas Kawangu, Kabupaten Sumba Timur. Public Health and Preventive Medicine Archive 2(2): 135-139. DOI:10.15562/phpma.v2i2.140


Latar belakang dan tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, akses pelayanan kesehatan, intensitas informasi dan dukungan keluarga dengan pemanfaatan fasilitas persalinan yang memadai  oleh  ibu bersalin di wilayah kerja Puskesmas Kawangu.

Metode: Penelitian ini adalah survei cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 85 ibu bersalin di Puskesmas Kawangu yang diambil secara consecutive. Variabel dependen adalah pemanfaatan fasilitas persalinan yang memadai dan variabel independennya adalah pengetahuan, sikap, akses pelayanan kesehatan, intensitas informasi dan dukungan keluarga. Data dikumpulkan dengan wawancara pada ibu bersalin menggunakan pedoman wawancara. Data dianalisis secara univariat, bivariat dengan memakai uji statistik chi-square dan multivariat dengan regresi logistik.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara pemanfaatan fasilitas persalinan yang memadai dengan pengetahuan ibu bersalin (p=0,001), sikap (p<0,001), akses pelayanan kesehatan (p<0,001), intensitas  informasi (p=0,039) dan dukungan keluarga (p<0,001). Analisis multivariat menunjukkan bahwa satu-satunya variabel independen yang bermakna berkaitan dengan pemanfaatan fasilitas persalinan yang memadai adalah akses pelayanan kesehatan dengan OR=11,68 (95%CI: 1,37-99,89).

Simpulan: Akses pelayanan kesehatan merupakan variabel yang berhubungan dengan pemanfaatan fasilitas persalinan yang memadai.

References

BAPPENAS. Ringkasan Peta Jalan Pembangunan Milenium di Indonesia Ringkasan. Jakarta: BAPPENAS; 2010.

Departemen Kesehatan RI. Kebijakan Kementerian Kesehatan dalam Mencapai MDG’s. Jakarta; 2008.

Dinas Kesehatan Prov. NTT. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kupang: Dinas Kesehatan Provinsi NTT; 2012.

Riset Kesehatan Dasar. Laporan Nasional 2007. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2008.

Badan Pusat Statistik. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia. Jakarta: BPS dan BKKBN; 2012.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur. Laporan Tahunan Kesehatan Ibu dan Anak. Waingapu: Program KIA; 2013.

Dinas Kesehatan Prov. NTT. Pedoman Revolusi Kesehatan Ibu dan Anak. Kupang: Dinas Kesehatan Provinsi NTT; 2010.

Puskesmas Kawangu. Laporan Tahunan Puskesmas Kawangu. Waingapu: Program KIA; 2013.

Green L. Comunity Health. Seventh Edition. Inc United State of America: Mosby Year Book; 1994.

Astridya dan Pranata. Analisis Faktor Pemanfaatan Polindes Menurut Konsep Model Perilaku Kesehatan “Anderson” (Analisis Lanjut Data.


No Supplementary Material available for this article.
Article Views      : 539
PDF Downloads : 114